Artikel

RAPAT VALIDASI DATA PNS KABUPATEN TANGGAMUS

    Dibaca 690 kali

Gisting – Badan Kepegawaian dan Pengembangan sumber Daya Manusia Kabupaten Tanggamus menyelenggarakan kegiatan rapat validasi data pegawai negeri sipil  pada hari kamis tanggal 22 November 2018  yag ditempatkan di Aula Satuan Layanan Pendidikan Kecamatan Gisting.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sub Bagian yang membidangi masalah data dan kepegawaian dari Seluruh Kecamatan, Unit Pelaksana Teknis Puskesmas, serta Satuan Pelaksana Layanan Pendidikan Se Kabupaten Tanggamus.

Bapak Gofir  Purwato, S.E.,M.M selaku kepala Bidang Pembinaan dan Pengelolaan Data dalam sambutannya mewakili Kepala BKPSDM menyampaikan bahwa rapat validasi data ini dilaksanakan 2 kali dalam satu tahun. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar terciptanya data pegawai negeri sipil yang akurat, karena setiap tahun BKPSDM melakukan rekonsiliasi data dengan Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara.

 

Selain validasi data, dalam rapat ini disampaikan tentang syarat dan tata cara pengajuan Satya Lancana Karya Satya dan himbauan kepada pegawai yang belum mengusulkan penghargaan Satya Lancana Karya Satya agar dapat mengusulkan ke BKPSDM.

Dalam kegiatan ini pula diperkenalkan beberapa aplikasi baru terkait pengelolaan data pegawai, yaitu aplikasi My SAPK yang sudah dilaunching oleh BKN beberapa waktu yang lalu dan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG).

Aplikasi My SAPK dapat digunakan oleh setiap Pegawai Negeri Sipil untuk melihat kondisi data masing – masing pegawai dengan menggunakan user dari Kode Register dan Password PUPNS 2015. Masing – masing pegawai dapat mengecek apakah data yang terdapat di BKN sudah betul dan sesuai dengan aslinya, jika belum sesuai maka dapat dilakukan perbaikan dengan melapor ke BKPSDM melalui Sub Bidang Pengelolaan Data dan Informasi Pegawai.

Sedangkan Aplikasi SIMPEG digunakan untuk melakukan pengelolaan data pegawai yang meliputi pengelolaan data pribadi, riwayat jabatan, riwayat Pendidikan, dan riwayat keluarga setiap pegawai. Berbeda dengan My SAPK, aplikasi SIMPEG hanya dapat diakses oleh satu orang operator yang ditunjuk oleh masing – masing instansi, yang nantinya tugas permajaan dan penjagaan data pegawai diserahkan kepada operator tersebut. Aplikasi SIMPEG dapat memudahkan setiap instansi untuk melaporkan keadaan pegawai pada BKPSDM Tangamus.